/Dewan Militer Sudan pecat tiga jaksa senior – Arrahmah.com

Dewan Militer Sudan pecat tiga jaksa senior – Arrahmah.com

KHARTOUM (Arrahmah.com) – Kepala Dewan Transisi Militer (TMC) yang berkuasa di Sudan telah memecat tiga jaksa penuntut umum negara itu, ujar pernyataan TMC pada Selasa (16/4/2019) setelah pengunjuk rasa menuntut perombakan peradilan sebagai langkah menuju pemerintah sipil.

Asosiasi Profesional Sudan (SPA), sebuah kelompok yang mempelopori pemberontakan rakyat, telah mengeluarkan daftar panjang tuntutan untuk perubahan besar-besaran untuk mengakhiri represi dan meredakan krisis ekonomi setelah militer menggulingkan Omar Al-Bashir yang berkuasa di Sudan selama tiga dekade, lansir Reuters.

Dalam sebuah pernyataan, TMC mengatakan kepala dewan Abdel Fattah Al-Burhan telah memecat kepala jaksa penuntut Omar Ahmed Mohamed Abdelsalam dan wakil jaksa penuntut umum Hesham Othman Ibrahim Saleh, serta Amer Ibrahim Majid.

Alwaleed Sayed Ahmed Mahmoud ditunjuk untuk menggantikan Abdelsalam, ujarnya. Latar belakang Mahmoud tidak segera diketahui.

Dalam konferensi persnya yang pertama pada Senin (15/4), SPA -yang memimpin demonstrasi selama berbulan-bulan yang menyebabkan penggulingan Bashir- menyerukan agar TMC dibubarkan demi terbentuknya sebuah dewan penguasa sipil sementara dengan perwakilan militer.

Mereka juga menyerukan agar Abdelsalam disingkirkan bersama dengan kepala pengadilan dan wakilnya dan menambahkan bahwa protes massa tidak akan berhenti sampai tuntutan dipenuhi. (haninmazaya/arrahmah.com)

Sumber