/Inilah Puisi Karya Kaisar China, Isinya Pujian terhadap Islam dan Nabi Muhammad

Inilah Puisi Karya Kaisar China, Isinya Pujian terhadap Islam dan Nabi Muhammad

ISLAM telah dikenal di berbagai penjuru dunia sejak berabad-abad lalu. China menjadi salah satu wilayah yang pernah bersentuhan dengan Islam dalam catatan sejarahnya. 

Dikutip dari TMV, salah satu kaisar yang termansyur di China, Kaisar Hongwu, pernah memuji Islam dan Nabi Muhammad dalam sebuah karya sastra yang ditulisnya pada pertengahan 1300-an.  Karya tersebut berbentuk puisi.

Puisi itu berjudul The Hundred-eulogy Eulogy, yang dikenal dalam bahasa Cina sebagai 百 字 讃 atau baizizan. Puisi kuno yang terdiri dari 1000 karakter ini  menjadi pengingat yang penting tentang seberapa luas keindahan Islam secara historis.

BACA JUGA: Dari Voltaire hingga Rosseau, Inilah Pandangan 3 Tokoh Pemikir Prancis tentang Nabi Muhammad Saw

Kaisar Hongwu, yang merupakan kaisar pendiri Dinasti Ming di Tiongkok, memerintah dari tahun 1368 hingga 1398. Lahir sebagai Zhu Yuanzhang, Kaisar Hongwu naik ke tampuk kekuasaan setelah memimpin pasukan yang mengakhiri Dinasti Yuan yang dipimpin Mongol yang telah lama berdiri, yang memerintah Tiongkok dari tahun 1279 hingga 1368. Setelah memantapkan dirinya sebagai Kaisar Dinasti Ming yang baru, Kaisar Hongwu mengklaim ibukota Yuan kuno, Khanbaliq, sebagai ibu kota baru kekaisaran. Khanbaliq saat ini dikenal sebagai Beijing.

Pemerintahan Kaisar Hongwu revolusioner dalam banyak hal: ia mendorong penanaman tanah dan pertanian baru di seluruh Tiongkok, mengurangi pajak, menindak korupsi politik, dan menetapkan undang-undang baru yang melindungi hak-hak petani. Dia juga secara khusus melarang perbudakan pribadi, dan mendistribusikan kembali tanah yang dimiliki oleh para bangsawan ke tingkat masyarakat yang lebih miskin.

Kaisar Hongwu juga dilaporkan membangun masjid di Xijing dan Nanjing, serta di Yunnan, Fujian, dan Guangdong di wilayah selatan Cina. Ratusan kata Pidato-Nya, dalam pujiannya atas Islam dan Nabi Muhammad, tetap menjadi salah satu contoh paling unik tentang penyebaran Islam selama abad pertengahan.

BACA JUGA: Fakta-fakta Menarik Nabi Muhammad

Disajikan dalam bahasa China, berikut ini puisi sang Kaisar:

《百 字 讚》 寫道 : “乾坤 初始 , 天 籍 注 名 聖 大聖 , 聖生 西域。 授受 天 經 , 三十 部 冊 , 普 化 眾生。 億 億 師 , 萬 領袖。 天 運 運 , 保 , 運 庇國民。 五 時 祈 祐 , 默 祝太平。 存心 真主 , 加 志 窮 民 拯救 患難 , 洞徹 幽冥。 超拔 靈魂 , 靈魂 罪 業 仁 天下 天下 , 天下 冠。 邪 歸 一 教 一 一 一 一 穆罕默德 穆罕默德 穆罕默德 一至 貴 聖人。 ”《百 字 讚》

Artinya:

“Sejak penciptaan alam semesta,
Tuhan telah menetapkan manusia utusannya yang agung,
Dari Barat dia dilahirkan,
Dan menerima kitab suci
Dan buku yang terbuat dari 30 bagian (Juz)
Untuk membimbing semua ciptaan,
Tuan dari semua penguasa,
Pemimpin dari semua orang-orang suci,
Dengan dukungan dari Surga,
Untuk melindungi bangsanya,
Dengan lima doa sehari-hari,
Diam-diam mengharapkan perdamaian,
Hati-Nya diarahkan kepada Allah,
Memberi kekuatan kepada orang miskin,
Menyelamatkan mereka dari malapetaka,
Melihat melalui Yang Tak Terlihat,
Menarik jiwa-jiwa dan roh-roh yang menjauh dari semua kesalahan,
Belas kasihan ke dunia,
Transversing ke kuno,
Jalan agung mengalahkan semua kejahatan,
agamanya murni dan benar,
Muhammad,
Yang Mulia.”

Saat ini, beberapa salinan puisi tersebut dipajang di masjid-masjid di Nanjing, Cina, sebagai pengingat penting tentang pengaruh Islam bahkan di sudut-sudut jauh Cina pada awal Dinasti Ming. []

SUMBER: THE MUSLIM VIBE

Sumber