/KEUTAMAAN IBADAH PUASA (Bag ke-2-selesai)

KEUTAMAAN IBADAH PUASA (Bag ke-2-selesai)

9. Barangsiapa yang berpuasa sehari dalam keadaan berjihad di jalan Allah, Allah akan jauhkan wajahnya dari neraka 70 tahun.

مَا مِنْ عَبْدٍ يَصُومُ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا بَاعَدَ اللَّهُ بِذَلِكَ الْيَوْمِ وَجْهَهُ عَنْ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا

Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah, kecuali Allah akan jauhkan wajahnya pada hari itu dari neraka sejauh 70 tahun (H.R alBukhari dan Muslim, lafadz hadits dari Muslim)

10. Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dan diikuti 3 hari tiap bulan, maka akan hilang perasaan dengki, dendam, pemarah dalam dada.

صَوْمُ شَهْرِ الصَّبْرِ ، وَثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ يُذْهِبْنَ وَحَرَ الصَّدْرِ

Puasa pada bulan kesabaran (Ramadhan) dan 3 hari tiap bulan (Hijriyah), akan menghilangkan (permusuhan, kemarahan, dengki, dendam) dalam dada (H.R Ahmad, al-Bazzar, Ibnu Abi Syaibah, dinyatakan sanadnya hasan oleh al-Munawy, dishahihkan juga oleh al-Albany).

11. Puasa menghapus dosa

الصَّوْمُ يُكَفِّرُ مَا قَبْلَهُ

Puasa menghapuskan (dosa) sebelumnya (H.R Abu Ya’la, dinyatakan bahwa rijaalnya terpercaya oleh al-Bushiry)

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan iman dan ikhlas, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu (H.R alBukhari dan Muslim)

12. Amalan puasa akan memberi syafaat bagi pelakunya pada hari kiamat.

الصِّيَامُ وَالْقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَقُولُ الصِّيَامُ أَيْ رَبِّ مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتِ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِي فِيهِ وَيَقُولُ الْقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللَّيْلِ فَشَفِّعْنِي فِيهِ قَالَ فَيُشَفَّعَانِ

Puasa dan (amalan membaca) al-Quran akan memberi syafaat bagi seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: Wahai Tuhanku, akulah yang mencegahnya dari makan dan syahwat di waktu siang. Maka jadikanlah aku bisa memberi syafaat untuknya. (Amalan baca alQuran) berkata: Akulah yang mencegahnya untuk tidur di waktu malam, maka jadikan aku memberi syafaat untuknya. Maka keduanyapun memberi syafaat untuknya (H.R Ahmad, dishahihkan al-Hakim dan al-Albany)

13. Barangsiapa yang meninggal dalam keadaan berpuasa, maka ia masuk surga

مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ خُتِمَ لَهُ بِهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ ، وَمَنْ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ خُتِمَ لَهُ بِهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ ، وَمَنْ صَامَ يَوْمًا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ خُتِمَ لَهُ بِهِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Barangsiapa yang mengucapkan Laa Ilaaha Illallah dan mengakhiri kehidupannya dengan demikian, maka masuk surga. Barangsiapa yang bershodaqoh ikhlas mengharap Wajah Allah dan mengakhiri kehidupannya dengan demikian, maka ia masuk surga. Barangsiapa yang berpuasa sehari dengan ikhlas mengharap Wajah Allah, dan mengakhiri kehidupannya dengan demikian, maka ia masuk surga(H.R Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dan dinyatakan sanadnya shahih oleh al-Bushiry, dishahihkan juga oleh Syaikh al-Albany)

14. Sholawat dari Allah dan Malaikat serta keberkahan bagi orang yang sahur

السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلَا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Hidangan sahur adalah hidangan keberkahan. Maka janganlah kalian meninggalkannya meski sekedar seteguk air. Karena Allah dan para Malaikatnya bersholawat terhadap orang-orang yang sahur (H.R Ahmad, dinyatakan sanadnya kuat oleh al-Mundziri, dihasankan Syaikh al-Albany)

15. Puasa adalah salah satu dari 4 perbuatan yang jika dikerjakan dalam sehari bisa menyebabkan seorang masuk surga.

Nabi shollallahu alaihi wasallam pernah bertanya kepada para Sahabatnya: Siapakah yang hari ini berpuasa?

Abu Bakr menjawab: Saya.

Nabi bertanya lagi: Siapakah yang hari ini mengantarkan jenazah?

Abu Bakr menjawab: Saya.

Nabi bertanya lagi: Siapakah yang hari ini memberi makan seorang miskin?

Abu Bakr menjawab: Saya.

Nabi bertanya lagi: Siapakah yang hari ini menjenguk orang sakit?

Abu Bakr menjawab: Saya.

Nabi kemudian bersabda: Tidaklah berkumpul perbuatan-perbuatan ini pada seseorang dalam sehari kecuali ia akan masuk surga (H.R Muslim dan al-Bukhari dalam Adabul Mufrad)

(dikutip dari buku “Ramadhan Bertabur Berkah”, Abu Utsman Kharisman)

Sumber