/Parlemen Irak serukan evakuasi pasukan AS – Arrahmah.com

Parlemen Irak serukan evakuasi pasukan AS – Arrahmah.com

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Anggota parlemen Irak mengecam kunjungan mendadak Presiden AS Donald Trump ke pasukan Amerika yang ditempatkan di negara itu, menyerukan agar mereka pergi.

Anggota parlemen dari dua blok parlemen terbesar mengutuk kunjungan Trump, yang tidak diatur dengan pemerintah Irak, menganggapnya sebagai “pelanggaran kedaulatan Irak”. Mereka juga menetapkan tanggal untuk membahas evakuasi pasukan AS dari Irak, Arab48 melaporkan pada Jumat (28/12/2018).

Saleh Al-Saadi, kepala salah satu blok ini, mengatakan bahwa “Trump harus mengetahui batas kemampuannya. Pendudukan Amerika di Irak telah berakhir. Trump menyusup ke Irak seolah-olah itu adalah salah satu negara Amerika. ”

Selama kunjungannya pada Rabu (26/12/2018), Trump menghabiskan tiga jam di dalam pangkalan militer AS tanpa berbicara dengan pejabat Irak, hanya berbicara dengan Perdana Menteri Irak Adel Abdel-Mahdi di telepon. Trump menekankan bahwa ia tidak memiliki rencana untuk menarik 5.200 tentara AS yang ditempatkan di negara itu.

Pasukan Amerika menginvasi Irak pada tahun 2003, menggulingkan Presiden Saddam Hussein serta sejak mendukung sekte Syiah di negara itu. Meskipun pasukan AS pergi pada 2011, mereka kembali pada 2014 atas permintaan pemerintah pro-AS saat itu dengan dalih memerangi ISIS.

(fath/arrahmah.com)

Sumber