/SALAH SATU SANAD PERIWAYATAN SYAIKH AS-SA’DIY SAMPAI IBNU KATSIR

SALAH SATU SANAD PERIWAYATAN SYAIKH AS-SA’DIY SAMPAI IBNU KATSIR

Ditulis Oleh Al Ustadz Abu Utsman Kharisman

Kitab Taisiir Kariimir Rahmaan fi Tafsiiri Kalaamil Mannaan atau disebut juga Tafsir as-Sa’diy adalah salah satu kitab tafsir Ahlussunnah yang berupa ringkasan dan rangkuman yang begitu memudahkan kaum muslimin dalam memahami ayat alQuran. Penyusunnya, Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy adalah seorang ahli tafsir yang juga ahli fiqh.

Tahukah anda, bahwa sebenarnya Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy memiliki sanad bersambung periwayatan kitab tafsir para Ulama terdahulu. Di antaranya adalah Tafsir Ibnu Katsir.

Jadi, ketika Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy mengambil rujukan dari Tafsir Ibnu Katsir itu bukan sekedar beliau membaca kitabnya saja. Tapi beliau sudah memiliki sanad untuk meriwayatkan isi kitab tersebut dari guru beliau terus bersambung dalam mata rantai sanad hingga kepada penulis kitab Tafsir itu, yaitu Ibnu Katsir rahimahullah.

Berikut ini akan disebutkan salah satu sanad riwayat Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy sampai Ibnu Katsir:

Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy dari Ali bin Nashir Abi Waadaa dari as-Sayyid Nadzir Husain ad-Dahlawiy dari Muhammad Ishaq dari Abdul Aziz bin Waliyullah ad-Dahlawiy dari ayahnya dari Abut Thohir al-Kardiy dari ash-Shofa Ahmad bin Muhammad bin al-‘Ajl al-Yamaniy dari Yahya bin Makrom atThobariy dari al-Hafidz as-Suyuthiy dari Ibnu Muqbil al-Halabiy dari Ibnul Yuunaaniyyah dari Ibnu Katsir.

Bisa jadi ini memang bukan satu-satunya sanad yang beliau miliki. Namun setidaknya bisa memberikan tambahan ilmu kepada kita akan kapasitas keilmuan Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’diy rahimahullah.

Sumber