Vitamin E, Hadiah Alami

ALQURAN (QS Al-A’araf: 160) merekomendasikan agar kita memakan makanan enak yang telah Allah sediakan. Namun, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa hanya sekitar 25% dari populasi umum secara global makan makanan utuh sedangkan 75% lainnya sebagian besar hidup dari makanan “modern” yang diproses dan didevitalisasi ( Diet dan Penyakit , Raskin). Fakta ini telah menghasilkan realitas ironis dari sebuah populasi yang “kekurangan nutrisi” dalam menghadapi kelimpahan.

Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang sering kali kurang diperhatikan dalam diet. Meskipun begitu diet seluruh makanan adalah cara ideal untuk mengisi kembali tubuh dengan vitamin E serta banyak nutrisi yang hilang. Suplemen vitamin dapat berfungsi sebagai solusi sementara yang berguna bagi orang-orang yang berusaha memperbaiki kebiasaan diet mereka. Mereka juga dapat memberikan peningkatan gizi bagi orang-orang dengan penyakit kronis, dalam program pelatihan yang ketat, atau terkena kondisi ekstrim seperti polusi berat.

BACA JUGA: Efek Buruk Vitamin C Jika Berlebihan

Namun, vitamin harus diambil sesuai dengan kebutuhan individu dengan pengetahuan tentang cara meminumnya, dan dengan tindakan pencegahan dalam kasus-kasus tertentu.

Vitamin E adalah nutrisi penting bagi tubuh karena sangat penting untuk pembentukan, pemeliharaan, dan umur panjang sel darah merah, yang bertanggung jawab untuk membawa nutrisi dan oksigen yang memberi kehidupan ke seluruh tubuh kita. Ini juga dapat melindungi sel dari kerusakan oleh racun dalam aliran darah; melindungi hormon adrenal dan hipofisis; mengurangi tekanan darah; menghilangkan deposit kolesterol dari dinding arteri, dan terlibat dalam pemecahan lemak tubuh.

Vitamin E sangat penting untuk jantung yang sehat dan rambut yang sehat. Kekurangannya dapat menyebabkan iritabilitas, penghancuran sel darah merah, sesak napas, sterilitas, kanker, kelemahan otot, keguguran, kerusakan ginjal dan hati, dan jantung berdebar.

British Medical Association merekomendasikan suplemen Vitamin E sebagai terapi pencegahan bagi banyak orang serta dalam perawatan beberapa penyakit seperti cedera internal atau eksternal, kerusakan jaringan, migrain, masalah penglihatan, masalah kulit, rambut rontok, penyakit otot, bekas luka, dan kerusakan paru-paru.

Dianjurkan untuk orang yang mengkonsumsi minyak goreng tak jenuh ganda dalam jumlah besar, wanita hamil, wanita yang menggunakan pil KB atau estrogen, bayi prematur, mereka yang terpapar asap rokok atau yang merokok, mereka yang memiliki gangguan penyerapan usus, dan wanita yang rentan terhadap keloid, tekanan darah tinggi, kanker payudara, dan radang sendi.

Meskipun banyak manfaat dan kegunaannya, suplemen vitamin E tidak aman untuk sebagian orang. Meskipun merupakan asam lemak esensial yang diekskresikan ke dalam urin jika dikonsumsi berlebihan, sejumlah besar masih dapat berbahaya bagi sebagian orang.

Penggunaan melebihi 250mg sehari selama periode waktu yang lama dapat menyebabkan mual, sakit perut, muntah, dan diare. Dosis besar juga dapat mencegah Vitamin A, D, dan K dan zat besi mineral diserap oleh lambung. Orang yang menggunakan antikoagulan tidak boleh menggunakannya tanpa pengawasan medis karena dapat menduplikasi efeknya dan menyebabkan komplikasi.

Dosis lebih dari 300mg dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan dosis di atas 600mg dapat menyebabkan depresi dan kelelahan. Wanita dengan diabetes harus mewaspadai serangan hipoglikemik jika mengonsumsi vitamin E dosis besar, dan tekanan darah dapat meningkat dengan dosis tinggi.

BACA JUGA: Manfaat Vitamin D3 Bagi Tubuh

Sumber makanan seperti apel, beras merah, pisang, tepung jagung, blewah, kubis, wortel, jagung, kuning telur, unggas, jeruk bali, hisop, sawi hijau, jeruk, kacang tanah, pir berduri, parsley, serpih beras, parsley, serpihan beras, kuman gandum, es krim, dan krim mungkin merupakan sumber yang paling dapat diandalkan mengingat banyak faktor yang terkait dengan mengonsumsi suplemen.

Namun, bagi mereka yang menggunakan vitamin E tambahan, itu harus diambil tidak kurang dari 8 jam terpisah dari suplemen zat besi. Ini bekerja paling baik ketika diambil dengan selenium, mangan, inositol, fosfor, dan Vitamin A, B, dan C.

Namun, Vitamin E dapat “dibatalkan” dengan pil kontrasepsi, klorin, minyak mineral, lemak tak jenuh ganda, gula dalam es krim, atau rokok.

Singkatnya, Vitamin E adalah nutrisi berharga yang sudah tersedia dalam makanan tetapi masih sering kurang dalam diet orang kebanyakan. Ada banyak penyakit dan kondisi yang merespon dengan baik terhadap perawatan Vitamin E.

Jika diambil dengan hati-hati dan pengawasan, dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Jika kita “memakan makanan yang disediakan Allah,” kita pasti akan menuai manfaat ini juga yang lain. []

SUMBER: ABOUT ISLAM

The post Vitamin E, Hadiah Alami appeared first on Islampos.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *